Manfaat Buah Naga | Pakar Biologi
Selamat Datang di pakarbiologi.blogspot.co.id. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan membuat hidup jauh lebih bermakna. Enjoy Your Life!!!

Tuesday 1 March 2016

Manfaat Buah Naga


Siapa yang tidak mengenal buah naga? Di samping namanya yang unik, bentuknya dan warnanya juga menarik. Di balik keunikannya, buah naga menyimpan banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.
Buah naga, atau biasa juga disebut juga pitaya adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara  Asia. Tanaman ini hanya mekar pada malam hari.


Dengan rutin mengkonsumsi buah naga, maka kita dapat memperoleh banyak manfaat darinya. Kandungan buah naga sangat baik untuk berbagai macam hal dan pemenuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Beberapa manfaat buah naga sebagai berikut.

Menurunkan Berat Badan
Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengisi perut dengan makanan kaya serat rendah kalori yang tidak membuat perut melar. Salah satunya adalah dengan konsumsi buah naga, buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan mengandung banyak air yang akan melancarkan pencernaan kita.

Antioksidan dan Detoksifikasi
Antioksidan berfungsi untuk mengurangi radikal bebas yang ada di tubuh kita, dengan konsumsi buah ini setidaknya akan membantu proses detoksifikasi (pengeluaran racun dari tubuh melalui hati). Buah naga kaya akan antioksidan phytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker. Buah naga membantu menyembuhkan penyakit kanker, kandungan vitamin kompleksnya, sudah direkomendasikan oleh dokter sebagai buah terapi penyembuhan kanker.

Mencegah Diabetes
Buah naga dapat dikonsumsi untuk mencegah terjadinya diabetes. Buah ini dapat membunuh sel jahat yang dihasilkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Kadar gula yang terkandung di dalamnya sangat kecil dan rasa manis buah naga bukan berasal dari glukosa sehingga sangat aman bagi penderita diabetes.

Meningkatkan Nafsu Makan
Buah naga mengandung vitamin B2 dan B1 sehingga dapat meningkatkan nafsu makan, terutama bagi anak anak.

Perawatan Kulit dan Menunda Penuaan Dini
Jika anda sering menghirup udara yang terkena polusi, maka anda terpotensi terkena penuaan dini yang sangat cepat dari biasanya. Antioksidan yang ada di buah naga dapat membantu untuk mencegah penuaan dini ini. Selain itu, buah naga juga dapat mempercantik penampilan, dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi, serta dapat membantu menjaga kesehatan kulit, bahkan buah dan kulitnya juga bisa digunakan sebagai bahan lulur.

Batuk dan Asma
Mengandung vitamin B3 yang berfungsi untuk menyembuhkan penyakit batuk dan asma. Buah naga juga memiliki jumlah vitamin C yang sangat tinggi yang membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih kuat sehingga Anda dapat melawan infeksi lebih mudah.

Tekanan Darah Tinggi dan Serangan Jantung
Buah naga pada dasarnya “membersihkan” bagian tubuh manusia, maka ia juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan yang berhubungan dengan pembuluh darah lainnya. Selain itu, makanan ini juga dikenal untuk membantu mengurangi tingkat stres oksidatif yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit kardiovaskular.

Mencegah Osteoporosis
Buah naga dapat mencegah penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang, karena buah naga mengandung banyak kalsium organik. Dengan kandungan kalsium dan zat besi yang cukup tinggi, buah naga juga baik untuk tulang dan darah. FAO menganggap buah naga adalah buah dengan nilai gizi tinggi karena kandungan kalsiumnya. Satu buah naga kecil memenuhi 1 persen dari nilai harian. Buah naga merupakan sumber yang lebih baik dari besi dengan memenuhi 8 persen dari nilai harian. Selain membantu kesehatan tulang, kalsium diperlukan untuk fungsi otot yang tepat dan transmisi syaraf.

Demikian Artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih. . . . 

No comments:

Post a Comment