Tips Menjaga Kesehatan Mata | Pakar Biologi
Selamat Datang di pakarbiologi.blogspot.co.id. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan membuat hidup jauh lebih bermakna. Enjoy Your Life!!!

Monday 7 March 2016

Tips Menjaga Kesehatan Mata



Kita dapat melihat indahnya pemandangan, membedakan warna, serta mampu melihat benda-benda yang berada di sekitar kita, tak lepas dari kerja indra yang ada di tubuh kita. Organ yang berharga tersebut adalah mata. Mata merupakan salah satu indra yang mempunyai peran yang sangat besar. Dengan memiliki mata yang sehat, maka kita dapat melihat keindahan dunia beserta isinya.

Kita harus menjaga mata dengan sebaik-baiknya. Banyak sekali penyakit mata yang mungkin tidak asing di telinga kita seperti miopi atau rabun jauh, presbiopi atau tidak dapat melihat benda yang berjarak jauh maupun dekat, katarak, hipermetropi atau rabun dekat, maupun buta warna yang tidak dapat membedakan aneka warna. Berbagai penyebab penyakit tersebut dapat menimpa mata anda. Berikut tips-tips dalam menjaga kesehatan mata kita.

1.      Menjaga Jarak Membaca Buku
Biasakan membaca buku pada jarak yang ideal. Jarak ideal yang dimaksud yaitu membaca buku pada jarak 30 cm dari buku ke mata. Hal ini untuk mencegah penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat.

2.      Pencahayaan Yang Cukup
Usahakan menggunakan pencahayaan yang cukup ketika membaca atau belajar. Jangan menggunakan penerangan terlalu redup ketika belajar atau membaca apapun itu. karena penerangan yang kurang dapat menganggu kesehatan mata.

3.      Tidak membaca Sambil Tiduran
Jangan membaca buku atau teks apapun dalam kondisi sambil tiduran. Ini juga dapat membuat kesehatan mata terganggu seperti dapat terkena miopi.

4.      Jangan Kucek Mata
Usahakan tidak mengucek mata, ketika tangan dalam keadaan kotor atau habis memegang sesuatu benda. Karena tangan yang kotor dapat menginfeksi organ mata yang akan berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata anda.

5.      Kedipkan Mata
Usahakan mengedipkan mata dengan intensitas agak ditambah, pada saat fokus melihat sesuatu terlalu lama seperti komputer ataupun laptop.

6.      Istirahat Cukup
Sama seperti anggota tubuh yang lainnya, mata juga butuh istirahat yang cukup. Seperti menonton dan depan komputer berjam-jam sangatlah membuat mata cukup lelah, maka dengan itu selangkanlah waktu sedikit untuk mengistirahatkan mata sejenak dengan melihat objek yang jauh.

7.      Menggunakan Pelindung Mata
Saat berkendara, sinar matahari, berolahraga, dan aktivitas lainnya, cobalah untuk menjaga mata tetap aman dan terhindar dari debu, maka kami menyarankan untuk melindungi mata Anda dari hal itu.

8.      Makanan Untuk Mata
Mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata. Dalam hal ini, wortel merupakan jenis makanan yang paling baik untuk kesehatan mata, karena banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Telur juga sangat baik untuk kesehatan mata.

9.      Periksa Mata
Jika mata anda terasa ada yang beda atau jika mata anda kemasukan benda-benda kecil, sebaiknya untuk memeriksa mata Anda ke dokter.

Demikian tips-tips menjaga kesehatan mata kita. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment