Batuk dan Cara Mengatasinya | Pakar Biologi
Selamat Datang di pakarbiologi.blogspot.co.id. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan membuat hidup jauh lebih bermakna. Enjoy Your Life!!!

Saturday 5 March 2016

Batuk dan Cara Mengatasinya

Batuk merupakan sebuah kejadian yang biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Batuk bukanlah merupakan suatu penyakit melainkan mekanisme pertahanan tubuh atau cara tubuh menjaga dan melindungi bagian saluran pernapasan. Selain itu batuk merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh saat terjadi iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan lain sebagainya.

Batuk bisa terjadi karena adanya rangsangan tertentu, seperti adanya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkannya melalui syaraf ke pusat batuk yang berada di bagian otak. Selanjtnya reseptor batuk akan memberi sinyal kepada otot-otot dalam tubuh untuk mengeluarkan benda asing tersebut, melalui suatu proses yang dinamakan dengan batuk.

Jenis-jenis Batuk
Berdasarkan tenggang waktunya, batuk dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu batuk akut dan batuk kronis. Kita dapat mengetahui jenis batuk yang kita alami dari seberapa lama kita mengalami batuk tersebut.
·           Batuk Akut
Batuk Akut adalah batuk yang terjadi dan berlangsung kurang dari 14 hari, serta dalam 1 episode. Bila batuk sudah lebih dari 14 hari atau terjadi dalam 3 episode selama 3 bulan berturut-turut, disebut batuk kronis atau batuk kronis berulang.
·           Batuk Kronis
Batuk kronis berulang yang sering menyerang anak-anak adalah karena asma, tuberkolosis (TB), dan pertusis (batuk rejan/batuk 100 hari). Pertusis adalah batuk kronis yang disebabkan oleh kuman Bordetella pertussis. Pertusis dapat dicegah dengan imunisasi DPT.FM JB

Penyebab Batuk
Batuk dapat disebabkan oleh beberapa hal yang diantaranya adalah sebagai berikut.
·           Alergi
·           Asma atau tuberculosis
·           Tersedak akibat minum susu
·           Menghirup asap rokok dari orang sekitar
·           Infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA).
·           Benda asing yang masuk ke dalam saluran napas
·           Infeksi di saluran pernapasan bagian atas yang merupakan gejala flu.

Cara Mengobati Batuk
Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengobati batuk yang dialami, di antaranya:
·         Perbanyak Minum Air Putih
Mengapa harus memperanyak minum air putih? Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa air putih memiliki banyak manfaat dan salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh kita termasuk menjaga kebersihan tenggorokan.
·           Menggunakan Masker Ketika Berkendara
Memakai masker saat berkendara dapat mengurangi resiko gangguan pada saluran pernafasan yang diakibatkan oleh polusi udara.
·         Kurangi Makanan Yang Manis
Saat sedang batuk, Anda dapat mengurangi makanan/minuman yang manis seperti gula, karena makanan atau minuman yang manis-manis dipercaya dapat memicu terjadinya batuk
·         Menggunakan Jaket
Menggunakan jaket saat Anda keluar rumah terutama saat cuaca sedang dingin, tujuannya batuk berkurang dan agar tubuh tetap hangat.
·           Mandi dengan air hangat
Salah satu cara agar dapat mengurangi batuk adalah mandi dengan air hangat, makanan-makanan yang hangat, minum minuman yang hangat.
·           Menggunakan Minyak Kayu Putih
Agar tubuh tetap hangat, juga bisa memakai minyak kayu putih yang dioleskan di bagian dada, leher dan hidung.
·           Cara Menyembuhkan Batuk dengan Campuran Kecap dan Jeruk Nipis.
Untuk menyembuhkan batuk dengan campuran kecap dan jeruk nipis, caranya sangat mudah. Kita dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.
Bahan-bahan:
-       1 atau 2 biji jeruk nipis
-       1 sachet Kecap
Cara-cara penggunaan: 
Belah jeruk nipis tadi menjadi 2 bagian, selanjutnya peraslah jeruk nipis tersebut kedalam gelas. Stelah itu campurkan dengan kecap. Kemudian anda minum campuran kecap dan jeruk nipis tersebut 2 -3 kali / hari sampai batuk Anda benar-benar reda.
·         Cara Mengobati Batuk dengan Ramuan Herbal
Jika dengan menggunakan campuran kecap dan jeruk nipis kurang ampuh, anda bisa mencoba membuat obat herbal penyembuh batuk berikut ini. Caranya juga mudah, Anda tinggal melakukan langkah-langkah berikut ini.
Bahan-bahan:
-       Gula batu secukupnya
-       7 Lembar daun sirih
-       30 gram kencur
Cara-cara penggunaan:
Pertama, iris daun kencur dan campurkan dengan daun sirih, setelah itu Anda rebus dengan air 600cc, dan tunggu hingga air tersisa 300cc. Kemudian Anda saring air rebusan daun kencur dan daun sirih tersebut dan campurkan dengan gula batu tadi. Selanjutnya Anda minum ramuan herbal ini 2 kali sehari sampai batuk anda benar-benar sembuh.

Demikian artikel tentang batuk dan cara mengobatinya. Semoga dapat menambah wawasan Anda. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment