10 Jenis Makanan yang Baik Untuk Kesehatan | Pakar Biologi
Selamat Datang di pakarbiologi.blogspot.co.id. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan membuat hidup jauh lebih bermakna. Enjoy Your Life!!!

Wednesday 16 March 2016

10 Jenis Makanan yang Baik Untuk Kesehatan

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar, tentunya merupakan dambaan setiap manusia. Dengan tubuh yang sehat, kita bisa melakukan aktivitas sehari-hari, bisa menemani keluarga berlibur, menemani anak-anak mengerjakan PR dan masih banyak lagi. Tubuh yang sehat tentunya harus diberi asupan gizi yang seimbang. Berikut 10 jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi.

1. Bayam
Sayur bayam sangat mudah kita temukan di pasar-pasar. Tumbuhan ini dikenal sebagai sumber zat besi yang penting. Kandungan besi pada bayam relatif lebih tinggi daripada sayuran daun lain sehingga berguna bagi penderita anemia.

2. Brokoli
Manfaat brokoli terbukti sangat banyak, di antaranya untuk kesehatan mata dan syaraf dan ikut mengurangi tekanan darah. Di samping itu kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi membuat sayur brokoli juga sangat baik untuk kesehatan tulang. Hal menarik lain dari sayuran hijau ini adalah manfaatnya untuk kesehatan kulit juga cukup besar.

3. Kacang Kedelai
Kedelai mengandung banyak sekali omega 3, zat besi dan kalsium yang tentu saja sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Bagi para vegetarian, makanan ini sangat populer. Banyak olahan yang bisa dibuat dengan bahan dasar kedelai ini seperti tempe, tahu dan minuman sehat susu kedelai.

4. Kacang Merah
Salah satu makanan yang baik untuk kesehatan adalah kacang merah. Kacang merah bermanfaat untuk kesehatan jantung, menguatkan tulang, mengeluarkan racun dalam tubuh, mencegah cacat lahir, mencegah dan mengontrol diabetes, mengatasi masalah pencernaan. Kacang merah kaya akan magnesium yang tinggi, zat besi, protein, serat, fosfor, mineral dan vitamin. Makanan sehat yang satu ini biasanya dijadikan camilan atau sup yang tentu rasanya sangat enak.

5. Kacang Almond
Sebagai makanan sehat sumber serat dan protein, kacang almond dinilai sebagai makanan sehat yang pastinya sangat baik untuk tubuh kita. Selain kaya serat dan protein, kacang almond juga kaya akan vitamin E, magnesium dan juga zat besi. Jika Anda sedang menjalankan program diet maka sebaiknya Anda menghindari kacang almond yang sudah diolah menjadi makanan manisan karena akan membuat program diet Anda gagal.

6. Gandum

Gandum??? Ya betul sekali. Meskipun di negara kita masih belum memproduksi pangan ini, tapi kita masih bisa mengkonsumsi produk olahan dari gandum ini. Salah satu produk olahan gandum seperti tepung terigu. Gandum memiliki kandungan nutrisi tinggi seperti serat pangan, protein, vitamin B1, B2, B3, B6, asam folat, magnesium, tembaga, fosfor, seng, mangan dan selenium. Selain itu, gandum merupakan sumber yang baik bagi vitamin E, zat besi dan asam lemak essensial.

7. Ubi
Makanan yang satu ini bisa digunakan sebagai pengganti makanan pokok kita yaitu beras, karena orang jaman dulu juga pernah menjadikan ubi sebagai makanan pokok. Beberapa vitamin yang terkandung dalam makanan sehat ubi ini adalah vitamin A, B, E dan C. Selain itu ternyata ubi juga merupakan makanan sehat yang rendah akan kalori.

Berdasarkan riset yang dilakukan Institut Pertanian Bogor, ubi jalar merah yang berasal dari Papua mengandung senyawa beta karotena yang mampu menurunkan infeksi HIV/AIDS. Sehingga diusulkan menjadi diet utama penderita HIV/AIDS bersama bahan lain. Dibandingkan dengan bahan makanan pokok lain, ubi jalar biasa memiliki kandungan senyawa pembentuk vitamin A tertinggi, yaitu mencapai 14187 IU per 100 gram porsi, atau mencapai 89% kebutuhan harian. Beta karotena termasuk salah satu senyawa pembentuk vitamin A.

8. Apel
Berdasarkan penelitian, apel bisa mengurangi risiko kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker paru-paru. Dibandingkan dengan buah lainnya dan sayuran, apel mengandung vitamin C yang tidak seberapa, tetapi kaya dengan senyawa antioksidan. Biarpun tidak sebanyak buah lain, namun konten serabut dalam apel membantu mengontrol pergerakan usus, maka mengurangi risiko kanker usus besar. Serat apel juga membendung penyakit jantung serta mengontrol berat badan dan tingkat kolesterol, karena buah apel tidak mengandung kolesterol dan mempunyai serat yang mengurangi kolesterol dengan mencegah reabsorpsi.

Terbukti bahwa bahwa apel yang dibiakkan secara in vitro mengandung senyawa fenol yang dapat mencegah kanker dan menunjuukan aktivitas antioksidan. Fitokimia fenol yang utama dalam apel adalah kuersetin, epikatekin, dan prosianidin B2.
Biji apel sedikit beracun karena mengandung sedikit amigdalin, sejenis glikosidasianogen. Akan tetapi, racun ini tidak cukup berbahaya bagi manusia.

9. Blueberry
Buah Blueberry mempunyai banyak manfaat, di antaranya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan lemak berlebih, menyehatkan tulang, melancarkan pencernaan, dan menguatkan daya ingat. Buah ini sudah banyak dijual, baik di pasar tradisional maupun pasar modern. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi buah ini. ^_^

10. Ikan Salmon
Makanan sehat yang satu ini sangat erat kaitannya dengan seafood, karena ikan salmon bisa dikatakan sebagai bahan seafood yang populer. Kandungan asam amino dan omega 3 yang sangat tinggi dan kandungan protein yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk kesehatan tubuh, terlebih lagi ikan salmon merupakan makanan yang rendah akan kolestrol.


Demikian 10 enis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi untuk mendapatkan kesehatan yang didambakan. Di samping olahraga teratur dan tetap menjaga gaya hidup sehat tentunya. Semoga dapat menambah wawasan Anda. Terima kasih. 
http://goo.gl/k9dZtZ

No comments:

Post a Comment