7 Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan | Pakar Biologi
Selamat Datang di pakarbiologi.blogspot.co.id. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan membuat hidup jauh lebih bermakna. Enjoy Your Life!!!

Tuesday 22 March 2016

7 Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan



Buah sirsak paling enak jika sudah diolah menjadi jus. Selain buah, daun sirsak juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat daun sirsak di Indonesia sangat populer sekali terutama semenjak penelitian mulai membuktikan bahwa ia dapat memerangi penyakit super berbahaya seperti kanker. Daun sirsak memang sangat banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan tubuh manusia yang tidak terduga dapat mengobati beberapa penyakit berbahaya.

Asal Muasal Buah Sirsak
Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda mempunyai nama Latin Annona muricata L. Sirsak adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda,sirsak(Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung), "Nangko Belando" (Palembang). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belada ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda. Zuurzak. yang berarti "kantung yang asam".
Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20–30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya..

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan
1.     Mengurangi  penyakit diabetes
Batas kadar gula normal dalam darah kita berkisar antara 70 mg sampai 120 mg. Nutrisi dalam daun sirsak diyakini menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Selain itu, ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu solusi obat herbal diabetes alami.
Cara Penggunaan:
·         Sediakan 2-5 helai daun sirsak
·         Bersihkan dengan air bersih mengalir (untuk menghilangkan kuman dan bakteri)
·         Rebus daun sirsak dalam air hangat 3 gelas
·         Biarkan kering hingga tinggal 1 gelas.
·         Minum secara rutin pagi hari dan malam hari untuk penderita diabetes.
·         Lakukan secara rutin 3-4 hari, lalu cek kadar gula darah Anda.

2.  Mengobati ambeien, resepnya dengan menyeduh daun sirsak yang kemudian air rebusannya diminum.
3.  Mengobati asam urat, resepnya dengan mencuci dan menyeduh 6 hingga 10 lembar daun sirsak dengan 2 gelas air. Lalu minum air rebusan tersebut.
4.   Mengobati penyakit asma, resepnya dengan mencuci dan menyeduh 7 lembar daun sirsak. Setelah itu, minum air rebusan tersebut.
5.  Mengobati kanker. Resepnya dengan mencuci dan menyeduh 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air sehingga tereduksi menjadi 1 gelas rebusan daun sirsak. Lalu minum air rebusan tersebut.
6.  Mengobati sakit pinggang. Resepnya dengan mencuci dan menyeduh 20 lembar daun sirsak dengan 5 gelas air hingga tereduksi menjadi 3 gelas air rebusan daun sirsak. Lalu minum air rebusan tersebut.
7.  Meningkatkan system kekebalan tubuh dan mengobati infeksi. Resepnya dengan mencuci dan menyeduh 4 hingga 5 lembar daun sirsak dengan 4 gelas air hingga tereduksi  menjadi 1 gelas air rebusan daun sirsak. Lalu minum air rebusan tersebut.

Adapun setelah meminum rebusan dari daun sirsak sendiri akan timbul rasa yang kurang nyaman. Rasa kurang nyaman itu berupa rasa panas di perut dan terus-menerus berkeringat. Perasaan dan reaksi yang terjadi ini mirip dengan kemoterapi yang mana sedang melawan kanker. Dikarenakan penggunaan daun sirsak sendiri adalah pengobatan alternatif/ tradisional/ herbal, maka hasilnya tidak bisa dalam semalam. Hasil dari penggunaan  air rebusan daun sirsak akan terlihat minimal selama 2 minggu pemakaian.

Tips Memanfaatkan Daun Sirsak
1.      Jangan lupa membersihkan daun dengan air mengalir karena banyak terdapat kuman dan bakteri di daun sirsak, termasuk juga pada buahnya.
2.      Jangan konsumsi terlalu berlebihan, pastikan Anda memgikuti anjuran yang diberikan agar tidak mengurangi khasiat dari daun tersebut.
3.      Konsultasikan ke ahli herbal terkait. Pastikan Anda melakukan konsultasi dengan ahli herbal terkait untuk mendapatkan informasi real mengenai manfaat daun tanaman sirsak, cara penggunaan, dan kandungan gizinya.

Demikian tips 7 manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh kita. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. . .

No comments:

Post a Comment