Manfaat Buah Manggis | Pakar Biologi
Selamat Datang di pakarbiologi.blogspot.co.id. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan membuat hidup jauh lebih bermakna. Enjoy Your Life!!!

Thursday 7 April 2016

Manfaat Buah Manggis

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang berwarna ungu dan bentuk yang unik ini. Di balik warna dan bentuknya, buah ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah ini mengandung mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan, sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.

Manfaat buah manggis sangat fenomenal dan sampai saat ini ia disebut ratu buah karena khasiatnya yang luar biasa. Manggis dapat mengobati dan mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, ini lah yang menjadikannya buah super luar biasa. Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa buah manggis dan kulit buahnya kaya dengan 40 lebih zat xanthones yang merupakan salah satu antioksida yang sangat bermanfaat di dunia.

Xanthone merupakan senyawa polyhenolic yang sangat bermanfaat dalam membunuh berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, hipertensi, dan trombosis. Kandungan xanthone dalam kulit buah manggis bisa mencapai 123,97 mg/ml. Xanthone yang terkandung dalam kulit manggis mempunyai aktifitas antioksidan dan anti-inflamasi sehingga bisa menangkal radikal bebas dan kerusakan sel serta menghambat bahkan membunuh sel-sel kanker yang ganas dan berpotensi membahayakan manusia.

Manfaat manggis tidak hanya memiliki zat xanthone, dalam buahnya terkandung juga polikasanida, cathechins, dan polyphenols yang merupakan salah satu bahan antikulat dan anti bakteri.

Manfaat Buah Manggis
·        Kaya antioksidan
Kandungan antioksidan dalam buah manggis dapat membantu membuang radikal bebas yang terdapat pada tubuh dan menghilangkan racun tertentu akibat dari polusi.
·        Mengurangi rasa sakit
Manggis selain manis rasanya juga memiliki zat anti-inflamasi yang dapat memerangi rasa sakit (peradangan, nyeri dan kerusakan sendi, arthritis, atau nyeri yang disebabkan oleh latihan olahraga dan luka ringan)
·        Mencegah Kanker
Manfaat buah manggis dalam mencegah kanker memang sangat luar biasa, bahkan penyakit kanker dan gejala kanker dapat diobati dengan menggunakan manfaat buah yang dikenal sebagai ratu buah. Hasil penelitian yang paling utama terkait kanker ini adalah mencegah berkembangnya tumor yang disebabkan oleh adanya  senyawa garcinone E.
·        Mencegah infeksi
Senyawa yang terdapat pada buah manggis diyakini dapat menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang menyebabkan berbagai jenis infeksi pada luka. Teori ini ditunjang oleh beberapa penelitian yang diterbitkan pada edisi Juli 2003 dari “Chemical and Pharmaceutical Bulletin“, pada penelitian ini peneliti menguji xanthones dari manggis dan membuktikan bahwa zat ini dapat menghentikan pertumbuhan bakteri tuberkulosis yang menjadi penyebab infeksi.
·        Baik untuk tekanan darah tinggi
Manfaat buah manggis lainnya yang dipercaya cukup besar adalah sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi, kandungan serat dan vitamin serta mineral sangat mendukung manfaat ini.

Rasanya tak berlebihan untuk menyebutkan bahwa buah Manggis merupakan buah dengan sejuta khasiat. Buah yang masyhur dengan sebutan "the queen of fruit" ini memang tak hanya memiliki rasa buah yang manis dan segar, namun juga mengandung banyak sekali khasiat kesehatan.

Demikian artikel tentang Manfaat Buah Manggis kali ini. Semoga dapat menambah wawasan Anda. Terima kasih. . . .

No comments:

Post a Comment